Jumat, 03 Mei 2013

Buah naga kaya Antioksidan dan Serat

   



   Jangan anggap remeh  buah naga atau dragon fruit walau bentuk luarnya menyeramkan, tapi kandungan gizi dari buah bernama latin hylocereus polyrhizus  ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.
 
       Buah naga memiliki kandungan oksidanyang baik untuk tubuh,sebab,buah berkulit merah tersebut mengandung vitamin A dan vitamin C yang dipercaya mampu untuk menghambat penuaan dini." vitamin A dan C tersebut  bersift sebagai antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas dan menghambat paparan polusi udara
   
      Selain itu kandungan anti oksidan lain yang terdapat pada buah naga adalah fitoalbumin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, serta kandungan likopen yang dapat mencegah terjadinya kanker prostat, " warna merah pada buah naga karena ada likopen"

        buah naga juga mengandung vitamin B1 dan B2 yang dapat meningkatkan nafsu makan bagi yang mengonsumsinya. sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi seorang yang dalam tahap pemulihan pascasakit, buah naga juga mengandung vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi,.

    Buah yang berasal dari amerika tengah ini juga mengandung fosfor dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan otot, bagi orang dewasa, tentu kandungan fosfor dan kalsium tersebut dapat mencegah terjadinya osteoporosis, selain itu, ternyata biji dari buah naga juga memiliki kandungan baik bagi kesehatan karena mengandung asam lemak tidak jenuh,

   bijinya yang berwara hitam dan berukuran kecil tersebut mengandung asam lemak asam lemak tidak jenuh atau asam lemak esensial, omega3 dan omega6 yang dapat menurunkan resikogangguan radiovaskuler dalam tubuh".  kandungan serat yang banyak pada buah naga, ternyata baik untuk kesehatan  saluran cernah dan mencegah konstipasi.

   Dalam 100 gram buah naga mengandung energi 60 kalori, karbohidrat 11,5 g, protein 0,53 g asam lemak tidak jenuh 0,61g  vitamin B1 0,042 g , vitB2 0,045 g,vitB3 0,43 g, fosfor36,1 mg, kalium8,8 mg, zat besi(fe) 0,65 mg,serat 0,07-0,09 g danair 9,8 persen. " kandungan air yang tinggi pada buah naga ini akan melancarkan sirkulasi dan proses metabolisme di dalam tubuh".

0 komentar:

Posting Komentar